Tips Melindungi Motor CB Dari Serangan Hujan

Datanglah musim hujan menjelang penghujung November 2017. Segera ambil tindakan untuk melindungi motor CB kesayangan anda. Musim hujan kali ini cukup menandakan keadaan yang ekstrim yakni hujan dengan volume dan debit air yang besar. Di Solo kemarin malam, air sungai bengawan Solo hampir sejajar dengan muka tanah, di jalur Ponorogo-Pacitan ada informasi tanggul jebol, putuslah jalur 2 kota strategis lintas selatan tersebut. Wonogiri ....? Paling parah nampaknya. Sebagai motor yang berusia kurang lebih 30 tahun, tentu perlu perawatan dan perlindungan dari kondisi luar termasuk pengaruh air hujan.
inzet gambar : foto kiriman twitter mbak ana (khozanah)

Jalur Pacitan 28 November 2017

Meski kadar asam dari air hujan yang masuk permukaan bumi sudah berkurang akibat filter dari udara, tetap saja zat zat yang terkandung dalam air hujan bisa menyebabkan korosi ( teyeng ). Teyeng bila tidak segera diantisipasi akan sebabkan karatan yang lebih susah pembersihannya. harus dengan perlakuan khusus dan biaya ekstra. Yang miliki dana lebih, tentu tidak sayang untuk kromisasi lagi. Bagaimana yang dananya cekak atau minim ?. Karaten ini terkadang bila luput dari pantauan, efeknya tak enak dilihat. Misal : busi jadi agak warna kuning sekitar luarnya, besi beghel jadi kotor, velg akan berisik dengan warna kekuningan tidak teratur dll.

Kandungan Air Hujan Cepat Bikin Korosi


Bila hujan belum begitu deras, lakukan hal hal sebagai berikut :

  1. Pinggirkan segera dan tetap lindungi motor dengan apapun yang ada, misal jas hujan. 
  2. Jika tak bisa dipindah, misal tempat parkir segera akhiri belanja anda dan ambil tempat aman untuk istirahat sebentar. Knapa ? buat menghindari slagh berkali kali akibat kedinginan, hehehehe. Motor kok kedingianan.
  3. Bila sedang di jalan raya, segera stop/ berhenti dan cari tempat aman untuk ngopi sebentar atau sekedar rest agar badan tetap segar terutama yang tak bawa jas hujan
  4. Bila memungkinkan, segera cek busi anda langsung apakah kemasukan air meskipun sedikit. Ingat, sedikit waktu cek lebih baik daripada terlambat
  5. Bila sudah save dan aman, segera guyur motor dengan air yang bersih. Jika memungkinkan cuci sekalian dengan sabun apapun, sabun mandi juga tak apalah bila tak ada sabun cair atau sabun khusus motor.
  6. Berdoa agar hujan segera berhenti, hehehehe. Berusaha juga boleh khan
Kulonprogo DIY

Nah itulah tips sederhana untuk melindungi motor CB kesayangan Anda. Jangan lupa beri ulasan atau komentar bila tak berkenan dengan tulisan ini. Hujan memang tak ada yang mengharap, namun dengan hujan terciptalah kehidupan dan mudah mudahan sedikit Tips Melindungi Motor CB Dari Serangan Hujan cukup memberi pencerahan hari hari anda seiring hujan yang tiap hari turun.


0 komentar: