Pelatihan UKM Bidang Apapun Itu Penting

Anda bergerak di bidang yang masih skala UKM baik merchandise atau bengkel. Jangan lupakan walaupun sederhana pelatihan itu. Disamping meningkatkan kredibilitas, akan menambah wawasan meski bidangnya sangat specific ( khusus ). Di saat ini karena sesuatu hal, yakni menunggu ibunda yang masuk usia udzur tiap tahun teringat pelatihan yang membahas problematika dan solusi terhadap perkembangan UKM yang makin meningkat. Pelatihan waktu itu diadakan oleh UGM dan meski cukup alokasikan anggaran lebih kurang 10 tahun lalu termasuk besar, namun manfaatnya cukup banyak. Akan tetapi bila masih scope nya seperti ini, memang perlu perjuangan sendiri agar naik kelas seperti miliki workshop sendiri, atau kantoran sendiri meskipun sederhana.

Studio ziptshirt Jogja Gamping 
Pelatihan dibimbing pakar manajemen yang sifatnya umum. Namun pada sessi khusus panitya menyediakan tanya jawab antar pemilik UKM untuk saling bertukar pikiran hingga persoalan kritis. Ada 1 peserta pengusaha bengkel motor  ( juga belum besar dengan 5 karyawan ) andil dalam pelatihan itu. Persoalan klasik yang ia alami, setelah karyawan agak lihai dan banyak langganan lalu keluar dan mendirikan usaha sendiri. Akhirnya pelanggan lama pada lari mantan karyawan tersebut. Persoalan ini juga dibedah di acara tersebut dengan mentor khusus. Kalau tak salah ada 3 mentor yang sudah recomended.

Contoh Sertifikat Usai Pelatihan

Ketika kami akan pisah manajemen yakni terjadi 4 tahun setelah pelatihan itu, ternyata pakar manajemen bisa kita libatkan dan dijadikan acuan ( masukan ). Permasalahannya, bidang produksi mau misah serta akan mandiri sedangkan bagian finishing & potong bahan menjadi mandiri pula. Menurut pakar majemen yang dilibatkan, solusinya adalah : sebaiknya dengan label/ merek tetap. Produksi masih bisa nebeng (subcont/ borongan) dengan produksi yang lama. Mengingat tim produksi juga cukup anggotanya ( sekitar 5 personil ). Bagian finishing kebagian 4 personil. Dengan berbagai masukan, saran, nasehat dan rasionalitas akhirnya pada minggu depannya memang misah dalam arti lokasi dan studio. 

Nah, inilah pengalaman tak terlupakan saat terjun di bidang merchandise yang waktu itu ramai dengan konsumen : motor antik, komunitas CB, komunitas kucing, dll. Awalnya memang berat, karena tadinya 1 atap tiba tiba semua perlu kesana kemari untuk serahkan files, bahan, hingga antrian tidak seprti semula. namun semua tetap ada manfaatnya, dan pelatihan UKM bidang apapun itu penting dan jangan sampai dilewatkan. Boleh jadi anda sebagai pelaku usaha meski skala berapapun suatu saat akan membesar  dan berkembang. Makin berkembang, persoalan pun menjadi tak sederhana pula.

0 komentar: